FM / AIRCRAFT BAND / VHF REGENERATIF RECEIVER

Receiver
Skema Rangkaian Super Regenerative Receiver

Rangkaian di atas ini sangat sederhana dan mudah dirakit dalam waktu singkat dengan hanya menggunakan transistor JFET BF 245, di bagian detektor ditambah oleh 2 buah dioda detector, atau tanpa dioda detector rangkaian ini dapat bekerja dengan baik, akan tetapi dari segi sensitivitas kurang, terutama untuk menerima sinyal-sinyal yang lemah. Data  JFET transistor BF245  dapat diklik disini.  Rangkaian ini dapat menerima frekuensi dari 90 – 150 MHZ, mencakup frekuensi FM, Aircraft Band dimana kita dapat menerima komunikasi antara pilot dengan ATC (air traffic control), dan komunikasi radio amatir di frekuensi VHF atau lazimnya frekuensi 2 meteran. Lilitan dalam rangkaian ini menentukan sekali frekuensi yang akan ditala. Rapat atau renggangnya lilitan akan mempengaruhi lebar frekuensi, Lilitan L1 terdiri dari 2 Lilitan dengan kawat e-mail ukuran 1-1,5 mm diameter lilitan 12 mm, L2 terdiri dari 4 Lilitan dengan kawat e-mail ukuran 1-1,5 mm diameter lilitan 12 mm.  Pembuatan lilitan dapat  dilakukan pada bekas spidol snowman kecil. Antenna dapat menggunakan antenna teleskopik biasa atau pun berupa kabel panjang yang dibentangkan. Aturlah spasi lilitan L2 rapat atau rengganngnya dan aturlah besarnya nilai kapasitor yang dipasang seri dengan kapasitor trimmer,  untuk memilih frekuensi band yang diinginkan.  Bila ada pertanyaan dalam merakit rangkaian ini silahkan layangkan  e-mail ke adiefadillah@yahoo.com.

SAMPLE  SIGNAL

Sample signal komunikasi  ATC  dengan Pilot dari rangkaian penerima di atas  dapat di Download Disini dalam bentuk amr file. File ini bisa dibuka di Windows Media Player.

19 thoughts on “FM / AIRCRAFT BAND / VHF REGENERATIF RECEIVER

    1. kalo BF245 diganti sama 2SK241 belom pernah nyoba sih..,tapi bisa dicoba dengan coba berapa nilai C yang dipararel sama kaki D & S nya transistor FET.., yang pernah dicoba sih BF245 diganti sama 2N3819, ato MPF 102.., rangkaian bisa bekerja…

  1. gan saya udah bikin aircraft band reciver tapi j fet nya saya ganti dengan 2sk241 kok gak keluar suara ya
    padahal udah saya sambunge ke ampli pake lm386 kok tetep gak keluar suara padahal gain nya dah saya putar2
    kira kira saya salah dimana ya bos
    maaf kalo pertanyaan nya kepanjangan

    1. coba lihat di datasheet pin dari Drain, Gate & Source-nya untuk 2SK241 yang berbeda dengan BF 245, perlu juga dicoba dengan membypass dioda atau tanpa dioda..detector…

  2. gan… sy udh bikin.. udh bgs rangkaiannya..
    pertama coba ga bunyi sma skali.. tp akhirnya udh bisa desis..
    tapi kok ga bisa terima ya? cuma desis aja..
    sy udh maen2in VC sama L2nya berjam2 ttp aja cuma desis.. hehe..
    trus sy bingung masang VCnya kakinya yg mana aja yg di pasang..
    tlg di jelasin ya bos.. thx a lot..
    maap klo kepanjangan.😛

    1. Kalau daerahnya jauh dari airport susah gan.., buat tuninngnya.. kalau buat VC biasanya 3 pin, biasanya hanya pin 1 dan pin 2 yg tengah saja yg dipakai…

  3. thx for reply gan..
    wah.. ane deket bgt ama soeta..hehehe…
    vcnya udh ane psang bener gan.. trus coil L2nya ane rapetin banget.. bs trima jakarta arrival sama atis soeta.. tapi kok di frekuensi situ2 aja ya? twr gk bs dpt?? hehe.. minta saran buat tuningnya dong gan.. thx a lot..🙂

  4. yang gagal ngerakit ….ya maklum la…..saya bisa ni dengerin spleteran radio nii..,,ini kan cuma detector radio,, belum sempurna seperti radio beli…..namanya jg detektor radio…. bisa desis udah sukur gan……applusss

  5. klo elco yg 50 uf tuh brapa volt bos,trs klo bf 245 di ganti dengan irf 270 bisa gak bos…

    trima kasih
    wong indramayu pusat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s