Membuat VHF / Aircraft Band Receiver Sederhana

Skema Aircraft band / VHF receiver

Rangkaian ini sangat sederhana sekali, akan tetapi diperlukan pengalaman dalam merakit penerima ini. Rangkaian ini dapat menerima frekuensi dari 140 sampai 150 Mhz meliputi frekuensi 2 meter.  Terdapat super regenerative detector yang dapat mengatur penerima ini menjadi sangat sensitif. Penerima ini dapat menerima sinyal transmisi dari pemancar yang berjarak 10 mil jauhnya, dengan hanya menggunakan kabel sepanjang 6 inch.

Penerima harus di masukan ke dalam box metal dan untuk tuningnya menggunakan knob plastik.  Jangan pernah merakitnya pada IC board atau veroboard.

Lilitan L1 dan L2 harus dililit menggunakan kawat tembaga berukuran 18 SWG untuk melihat tabel kawat  Klik disini L1 terdiri dari satu lilitan dan L2 4 Lilitan panjang lilitan (7/8 inch). Kedua lilitabn tersebut berintikan udara dengan diameter ½ inch. L2 seharusnya dalam satu jalur hubungan dari L1. Dengan  mengatur spasi lilitan L2, akan merubah frekuensi, maka anda harus melakukan beberapa kali percobaan dan menemukan frekuensi yang diinginkan.  L3 tidak terlalu kritis, terdiri dari 30 lilitan kawat tembaga berukuran 26 SWG dengan diammeter inti udara ¼ inch.

Setelah semua terangkai dan disolder dengan baik hubungan perkawatannya, hubungkan output ke audio amplifier. Amplifier dapat yang menggunakan IC LM386 sebagai penguat audionya, ataupun yang sejenis. Antena gunakan yang cocok untuk penerima. Putarlah potensiometer berukuran 25k, hingga terdengar suara desisan yang cukup kuat, hal ini menandakan rangkaian telah bekerja dengan baik.

Suara desisan akan berhenti ketika ada sinyal yang ditangkap, dari sinyal manapun. Aturlah capasitor variable 10 pF untuk mencari stasiun pemancar. Agar menerima sinyal yang diinginkan, maka perlu dilakukan penyesuaian kumparan.  Frekuensi akan semakin tinggi bila L2 diregangkan.

Membuat VHF / Aircraft Band Receiver Sederhana

6 thoughts on “Membuat VHF / Aircraft Band Receiver Sederhana

  1. mw tny ni, kalo yg d skema d bwt hrga’a bksar brp y smua’a? trz klo d tko elektro biasa ad g y? coz mw bkin ni, reply k email ajh. thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s