Kereta Api Ciremai Ekspres Bandung Cirebon (PP)

KERETA API CIREMAI EKSPRES

 

Ciremai Ekspres.PNG

Kereta Api Ciremai Ekspres melintas di jembatan Cikubang

Sebagai upaya  memperluas jaringan pelayanan penumpang dan untuk memenuhi kebutuhan transportasi warga Jawa Barat bagian utara khususnya wilayah Cirebon dan Indramayu PT Kereta Api Indonesia Daerah operasi III Cirebon meluncurkan Kereta Api Ciremai Ekspres, pada tanggal 28 September 2013 dengan rute Cirebon Bandung (PP).

Peluncuran Kereta Api Ciremai Ekspres ini, diharapkan akan mempermudah warga Cirebon, dan kota-kota yang dilalui Kereta Api tersebut, yang akan bepergian menuju Bandung atau sebaliknya. Mengingat kondisi Jalan Raya Bandung Cirebon yang saat ini sangat padat, terlebih pada akhir pekan.

Waktu tempuh Bandung Cirebon bila menggunakan kendaraan yang melalui kota Sumedang pada kondisi normal adalah sekitar 3,5 jam sampai dengan 4 jam, akan tetapi pada kondisi jalanan macet, atau akhir pekan, waktu tempuh perjalanan mencapai 5-6 jam perjalanan, bahkan hingga 7 jam pada saat kondisi jalan raya Bandung Cirebon yang rusak berat. Hadirnya Kereta Api Ciremai Ekspres, menjadi solusi untuk menghindari kepadatan di jalan raya.

Dengan menggunakan kereta api, waktu tempuh Bandung Cirebon sekitar 4 jam, disamping nyaman selama perjalanan dan terhindar dari kemacetan, kemudahan lainnya, lokasi stasiun yang berada di pusat kota, yaitu Stasiun Bandung (Kebon Kawung) dan Stasiun Cirebon (Kejaksan).  Kereta Api Ciremai Ekspres berangkat dari Stasiun Cirebon pada pukul 04:45 WIB dan 14:55 WIB, sedangkan dari Stasiun Bandung pada Pukul 09.55 WIB dan 19:25 WIB. Pada Agustus 2014 PT Kereta Api meluncurkan Kereta tambahan, yaitu Kereta Api Ciremai Ekspres 2, yang berangkat dari Stasiun Bandung pada pukul 05:30 WIB dan 15:05 WIB sedangkan dari Stasiun Cirebon pada pukul 10:15 WIB  dan 20:05 WIB. Dalam perjalanannya Kereta Api Ciremai Ekspres akan berhenti di Stasiun Cimahi, Purwakarta, Cikampek, Haurgeulis, Jatibarang dan Arjawinangun.

Harga tiket yang ditawarkan bervariasi untuk kelas Bisnis Mulai dari Rp 80.000,- s/d Rp 110.000,- dan kelas Eksekutif mulai dari Rp 105.000,- s/d 135.000,- (tarif bulan november 2014).

Jadwal KA Ciremai

                                                       Jadwal Kereta Api Ciremai Ekspres (November 2014)

Apabila PT Kereta Api Indonesia segera menyelesaikan pembangunan Jalur  Shortcut antara Stasiun Cibungur dengan Stasiun Tanjung Rasa, maka hal ini akan mengurangi waktu tempuh  sekitar 20 Menit, dikarenakan pada saat ini Kereta Api Ciremai Ekspres masih melewati Stasiun Cikampek untuk berhenti, memutar Lok, dan penumpang masih harus membalik tempat duduk.

Written By : adibaduts

 

4 thoughts on “Kereta Api Ciremai Ekspres Bandung Cirebon (PP)

  1. You’re so cool! I do not believe I have read through something like this before.
    So great to find someone with some unique thoughts on this subject.

    Really.. thank you for starting this up. This web site is one thing that’s needed on the web, someone with a bit of
    originality!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s